Senin, 27 Oktober 2014

TIPE ATAU BENTUK ORGANISASI

TUGAS KELOMPOK SOFTSKILL
2KA23
TIPE ATAU BENTUK ORGANISASI
1. Amalia Mulya Sari (10113761)
2. Chandika (11113865)
3. Elisabeth Irene (12113865)
4. Enrico Kuncoro (12113910)
5. Indriawan Sucahyo (14113410)
6. Kun siddiq (14113882)
7. Nurhafizah Israini (1A113000)
8.  Rachman  (19113801)
Kali ini, kami masih membahas mengenai organisasi. Pada postingan sebelumnya, kami memaparkan pengertian organisasi,macam-macam organisasi dan ciri-ciri organisasi. Disini kami akan mereview pengertian organisasi. Organisasi adalah wadah atau tempat  yang dimana semua  aspirasi  atau pemikiran ditampung untuk meraih sebuah hasil  yang sebelumnya tidak dapat dicapai oleh individu secara sendiri-sendiri. 
Tentunya dalam berorganisasi memiliki bentuk/tipe organisasi yang harus diperhatikan, sebagai berikut :
1. Tipe organisasi garis atau line yaitu bentuk / struktur organisasi yang paling tua dan paling sederhana diciptakan oleh Henry Fayol.
Ciri-ciri tipe organisasi garis ini adalah
o   Organisasi masih kecil
o   Struktur organisasi stabil
o   Spesialisasi kerja masih kecil
o   Hubungan antara atasan dan bawahan secara langsung
Keuntungannya adalah :
o   Koordinasi lebih mudah dilaksanakan.
o   Ada bagian kekuasaan dan tanggung jawab yang jelas
o   Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat
o   Pengawasannya sangat efektif
Kerugiannya adalah :
o   Seluruh orang terlalu bergantung pada satu orang
o   Bersifat otokratis dan dapat menjadi diktatoris
o   Kesempatan karyawan untuk berkembang sangat terbatas
o   Sulit dilaksanakan dalam suatu organisasi yang besar
Bagan pada organisasi ini
2. Tipe organisasi Fungsional
Diciptakan oleh F.W.Taylor .Tipe ini mempunyai bawahan yang jelas sebab setiap atasan berwenang memberi komando kepada setiap bawahan sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut.
Ciri-ciri tipe organisasi ini adalah :
o   Pengawasannya ketat
o   Targetnya jelas dan pasti
o   Bersifat teknis
Keuntungan tipe ini adalah :
o   Dapat diperolejh manfaat yang sebesar-besarnya dari para ahli
o   Ada koordinasi yang baik
o   Memudahkan dalam pengawasan
Kerugian tipe ini adalah :
o   Banyak mengeluarkan biaya tambahan
o   Kekembaran kekuasaan dapat menimbulkan perselisihan / konflik
o   Pandangan para pekerja yang merasa terlalu banyak atasan.
Bagan tipe organisasi ini



3. Tipe organisasi Garis dan Staf
Tipe ini merupakan gabungan dari tipe garis dan fungsional, sehingga menyebar struktur orgasnisasi tersebut.
Ciri-ciri tipe organisasi ini adalah :
o   Memiliki spesialisasi
o   Bersifat kompleks
o   Memiliki jumlah karyawan yang banyak
o   Hubungan atasan dan karyawan tidak bersifat langsung
Keuntungan Tipe ini adalah :
o   Digunakan dalam organisasi besar
o   Setiap pembagian tugas sangat jelas. Kelompok lini melakukan tugas pokok organisasinya, sedangkan kelompok staff melakukan tugas dikegiatan penunjang
o   Koordinasinya dapat dilakukan dengan mudah
Kerugian Tipe ini adalah :
o   Perintahnya suka membingungkan anggota organisasi
o   Suka mengabaikan gagasan dari staff
o   Suka mengabaikan nasehat dari para staff
Bagan pada tipe organisasi ini

4. Tipe Organisasi Fungsional dan Garis
Dimana wewenang dari pimpinan tertinggi dilimpahkan kepada perkepala unit dibawahnya dalam bidang pekerjaan tertentu.
Ciri-ciri tipe organisasi ini adalah :
o   Tidak ada perbedaan tugas pokok dan tugas bantuan
o   Tidak ditonjolkan perbedaan tingkatan dalam pembagian kerja
o   Terdapat spesialisasi maksimal
Keuntungan Tipe ini adalah  :
o   Solidaritasnya tinggi
o   Displin kerjanya sangat tinggi.
o   Penempatan jabatannya sesuai dengan spesialisasinya
o   Produktifitasnya tinggi
Kerugian Tipe ini adalah :
o   Kurang fleksibel
o   Spesialisasinya memberikan kejenuhan

Bagan tipe organisasi ini

STRUKTUR DAN SKEMA ORGANISASI

Struktur Organisasi adalah susunan dan hubungan-hubungan antar komponen bagian-bagian dan posisi-posisi dalam suatu organisasi, komponen-komponen dalam tiap organisasi memiliki ketergantungan.Sehingga jika suatu komponen baik. Maka akan berpengaruh pada komponen lainnya dan organisasi tersebut.
Menurut Keith Davis ada 6 bagan bentuk struktur organisasi yaitu :
1.  Bentuk Vertikal
Dalam bentuk ini, sistem organisasi pimpinan sampai organisasi atau pejabat yang lebih rendah digariskan dari atas ke bawah secara vertikal.
2.  Bentuk Mendatar / Horizontal
Dalam bentuk ini, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun atau digariskan dari kiri kearah kanan atau sebaliknya.
3.  Bentuk Lingkaran
Dalam bentuk lingkaran, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinana sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran ke aarah bidang lingkaran.
4.  Bentuk Setengah Lingkaran
Dalam bentuk ini, saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah disusun dari pusat lingkaran kea rah bidang bawah lingkaran atau sebaliknya
5.  Bentuk Elliptical
Dalam bentuk ini, saluran wewenangnya dari pucuk pimpinan sampai dengan satuan organisasi atau pejabat yang terendah digambarkan dengan pusat Elips kearah bidang elips
6.  Bentuk Piramid terbalik
Dalam bentuk ini, saluran wewenang dari pucuk pimpinan sampai dengan organisasi atau pejabat terendah digambarkan dalam susunan berbentuk piramid terbalik.
Skema atau bagan organisasi adalah suatu lukisan tentang organisasi yang dimaksudkan untuk menggambarkan susunan dari organisasi baik mengenai fungsi, bidang, tingkatan maupun rentang kendalinya.

Contoh kasus dalam organisasi



CONTOH KASUS DALAM ORGANISASI
Sepertiapa yang telah kita ketahui organisasi adalah sebuah wadah dimana tempat berkumpulnya suatu kelompok manusia yang memeiliki sebuah visi misi dan sebuah tujuan yang jelas demi satu tujuannya adalah kesuksesan.

Tipeorganisasiada 4 macamyaitu :

1. Tipe organisasi Garis atau Line
Tipe organisasi garisatau line yaitubentuk / strukturorganisasi yang paling tuadan paling sederhanadiciptakanoleh Henry Fayol.

Ciri-ciri tipe organisasi garis ini adalah     :
·         Organisasi masih kecil
·         Jumlah karyawan sedikit
·         Spesialisasi kerja masih kecil

Keuntungannya adalah :
·         Mudah dimengerti dan dilaksanakan
·         Ada bagian kekuasaan dan tanggung jawab yang jelas
·         Merupakan jenis organisasi yang stabil
·         Proses pengambilan keputusan berjalan dengan cepat
·         Solidaritas karyawan yang tinggi karenan saling mengenal

Kerugiannya adalah :
·         Seluruh orang terlalu bergantung pada satu orang
·         Bersifat otokratis dan dapat menjadi diktatoris
·         Kesempatan karyawan untuk berkembang sangat terbatas
·         Sulit dilaksanakan dalam suatu organisasi yang besar

2. Tipe organisasi Fungsional
Dalam struktur organisasi fungsional, setiap manajer yang mempunyai spesialisasi fungsional menggantikan tempat dan peranan sipemilik perusahaan.   Transisi menuju spesialisasi ini membutuhkan sebuah perubahan substansial dalam gaya manajemen pimpinan perusahaan. Sebagai organisasi yang  menumbuhkan dan mengembangkan sejumlah produk dan pasar yang berkaitan, struktur organisasi ini secara teratur berubah untuk merefleksikan spesialisasi yang lebih besar.
Keuntungan Tipe ini adalah :
·         Dapat diperoleh manfaat yang sebesar-besarnya dari para ahli
·         Ada koordinasi yang baik
·         Memudahkan dalam pengawasan

Kerugian tipe ini adalah :
·         Banyak mengeluarkan biaya tambahan
·         Kekembaran kekuasaan dapat menimbulkan perselisihan / konflik
·         Pandangan para pekerja yang merasa terlalu banyak atasan.

3. Tipe organisasi Garis dan Staf
Tipe ini merupakan gabungan dari tipe garis dan fungsional, sehingga menyebar struktur organisasi tersbut.

4. Tipe Organisasi Fungsional dan Staf
Tipe ini adalah perpaduan antara tipe organisasi garis, fungsionaldanstaf.

Contoh kasus organisasi :

Organisasi Fungsional
Organisasi fungsional diciptakan oleh F. W. Taylor. Struktur ini berawal dari konsep adanya pimpinan yang tidak mempunyai bawahan yang jelas dan setiap atasan mempunyai wewenang memberi perintah kepada setiap bawahan, sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut. Setiap pegawai mempunyai pengawas lebih dari satu orang atasan yang berberda-beda. organisasi ini membagi tugas sesuai keahlian masing-masing dan manager bertanggung jawab terhadap tugas yang diberikan. Keuntungan dari organisasi fungsional adalah efisiensi. Organisasi ini memiliki konsep awal adanya pemimpin yang tidak memiliki bawahan yang jelas dan setiap atasan memiliki wewenang memeberi perintah kepada bawahan, sepanjang ada hubungannya dengan fungsi atasan tersebut. Setiap bawah memiliki pengawasan lebih dari satu orang atasan yang berbeda-beda.  Selain itu pula kegiatan yang sama dalam organisasi disatukan sehingga akan lebih efektif.

Ciri dari organisasi fungsional :
·         Tidak menjamin adanya kesatuan perintah
·         Penghematan waktu kerja dapat dilakukan karena mengerjakan pekerjaan yang sama
·         Tidak terlalu menekan pada struktur hierarki
·         Tanggung jawab pelaksanaan kepada lebih dari satu pimpinan

Beberapa keuntungan dari organisasi fungsional :
·         Para pegawai bekerja sesuai dengan keterampilannya masing-masing
·         Spesialitas dapat dilakukan secara optimalitas
·         Solidaritas, loyalitas, dan disiplin karyawan yang menjalankan yang sama biasanya cukup tinggi
·         Pembidangan tugas menjadi jelas
·         Koordinasi menyeluruh bisa dilaksanakan pada eselon atas, sehingga berjalan tertib dan lancar.
Beberapa kelemahan dari organisasi fungsional :
·         Pekerjaan yang sering kali membosankan
·         Sulit mengadakan perpindahan karyawan dari bagian yang satu ke bagian yang lain, karena pegawai hanya memperhatikan bidangnya sendiri.
·         Sering ada pegawai yang mementingkan bidangnya sendiri sehingga koordinasi menyeluruh sulit dan sukar dilakukan.
Contoh bagan dari organisasi fungsional 




Contoh dari sebuah organisasi fungsional :

Sebuah tempat penerbitan buku




Sebuah toko penerbitan buku memiliki struktur organisasi fungsional karna didalamnya manajer memiliki tanggung jawab pada suatu bagian fungsional perusahaan. Berikut contoh bagan dari dari perusaan penerbit buku
Dari bagan diatas terlihat jelas bagaimana manajer yang memimpin sebuah perusahaan tersebut. Yang dimana manajer pun dibantu oleh supervisior yang bertugas sebagai supervisi terhadap para staf pelaksanaan rutinitas aktivitas bisnis perusahaan sehari-hari. Disini supervisior tidak membuat kebijakan hanya saja menerjemahkan ataumeneruskan kebijakan atasan kepada bawahan untuk bekerja secara efektif dan produktif. Selain itu ada sekretaris yang bertugas sebagai penerima surat, membuka surat, menerima tamu, menerima telpon, dan menyusun atau membuat jadwal kegiatan. Setelah sekretaris ada yang namnya administrasi. Administrasi melaksanakan kegiatan pelayanan kantor dan fasilitas perkantoran yang dibutuhkan demi kelancaran operasional perusahaan. Editor bertugas hanya sebagai pelaku pengeditan atau penyuntingan naskah. Proofreader adalah orany yang bekerja untuk membaca ulang teks, disini dialah yang menyeleksi atau mengoreksi setiap kesalahan dalam penulisan. Penulis adalah orang yang bekerja membaca ulang teks untuk emndeteksi dan mengoreksi kesalahan dalam menulis. Desain sampun orang yang mendesain cover untuk sebuah buku yang akan dibuat. 

KESIMPULAN :

Menurut saya dalam setiap orgaisasi memiliki keuntungan dan kelemahannya masing-masing. Akan tetapi organisasi fungsional ini lebih berfungsi dan lebih meraih keuntungan yang besar bagi perusahaan karena sistematis kerjanya yang sudah memiliki porsi masing-masing agar hasil akhir yang didapat bisa memuaskan.